Friday, May 27, 2016

Inilah Beberapa Gambaran Biaya Hidup di Singapure

http://kediexlusife.blogspot.com/Inilah Beberapa Gambaran Biaya Hidup di Singapure
Singapure





Blog Exlusife - Jika berbicara tentang Singapure, salah satu aspek yang menarik untuk dibicarakan adalah karakter penduduknya. Penduduk Singapura sangat cosmopolitan. Artinya, mereka memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas. Ini adalah sebuah keuntungan alami dari posisi geografisnya yang strategis maupun keberhasilan komersialnya. Dibangun oleh Thomas Stamford Raffles sebagai sebuah pusat perdagangan sejak tahun 1819, kota kecil ini segera menarik para imigran dan pedagang dari negeri Tiongkok, India, Indonesia, Semenanjung Malaya, dan Timur Tengah.


Gambaran Hidup di Singapure


1. Iklim

Tidak jauh berbeda dengan Indonesia bagian Sumatera atau Kalimantan, Singapure memiliki iklim tropik khatulistiwa. Suhu berkisar antara 22 hingga 34 °C. Bulan Mei dan Juni merupakan bulan terpanas, sedangkan November dan Desember merupakan musim muson basah. Dari bulan Agustus hingga Oktober, seringkali terdapat kabut. Terkadang cukup mengganggu hingga pemerintah mengeluarkan peringatan kesehatan kepada public. Kabut ini seringkali disebabkan oleh kebakaran semak-belukar di Indonesia. 

2. Biaya Hidup

Biaya hidup di Singapure termasuk sangat tinggi jika dibandingkan dengan negara Asia lainnya. Tetapi jika dibandingkan dengan negara barat, biaya hidup di Singapure masih bisa dibilang terjangkau. Pengeluaran terbesar semasa kuliah tentunya adalah biaya kuliah, diikuti dengan biaya akomodasi dan makan. Biaya hidup di Singapure pada umumnya berkisar antara S$750-S$2000 per bulan tergantung gaya hidup masing-masing pelajar.   

3. Bahasa

Empat bahasa resmi di Singapure adalah bahasa Inggris, Mandarin, Melayu, dan Tamil. Bahasa Melayu adalah bahasa nasional Singapure. Namun, bahasa Inggris menjadi bahasa yang digunakan untuk business, pemerintahan, dan di sekolah.

Keberadaan bahasa-bahasa lainnya, khususnya bahasa Melayu dan Tionghoa, tentunya berpengaruh terhadap jenis bahasa Inggris yang digunakan di Singapure. Pengaruh ini terutama tampak dalam bahasa Inggris informal, sebuah bahasa sehari-hari yang berbasiskan bahasa Inggris yang dikenal secara umum sebagai Singlish. 

Hampir semua orang di Singapure dapat berbicara dalam lebih dari satu bahasa, dan banyak yang mampu berbicara dalam tiga hingga empat bahasa. Sebagian besar anak-anak di Singapure dibesarkan dalam dua bahasa sejak kecil, dan mereka pun mempelajari bahasa lain saat mereka tumbuh dewasa. 

4. KBRI di Singapure

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapure
No. 7 Chatsworth Road, Singapore 249761
Tel.  : (65) 6737 7422
Fax. : (65) 6737 5037 / 6235 5783
Web : www.kbrisingapura.sg
Email : info@indonesianembassy.sg
  

5. Pendidikan di Singapure

Pemerintah Singapure sangat memprioritaskan kualitas pendidikan di negaranya. Dari sekolah dasar hingga universitas, siswa sudah dipantau dan diarahkan untuk mendapatkan pendidikan yang cocok untuknya. Jadi, tidak semua warga layak atau bebas masuk universitas di Singapure. Bagi mereka yang tidak layak masuk universitas di Singapure, memang bebas memilih kuliah di luar negeri sesuai dengan kemampuan orang tua, tetapi tidak bebas masuk universitas di Singapure jika tidak melewati tes tertentu.

Dengan pendapatan per kapita lebih dari 24.000 dollar AS per tahun, Singapure termasuk negara kaya raya. Namun, Singapure tidak menyamaratakan bahwa semua warga pasti mampu. Biaya sekolah di Singapure relatif murah. Yang bikin agak mahal adalah biaya di luar uang sekolah. Misalnya penunjang kelancaran sekolah, transportasi, buku-buku, dan lainnya.

Untuk keluarga yang tidak mampu, pemerintah menyediakan beasiswa jika perlu. Itu disediakan untuk memastikan bahwa kemiskinan bukan hambatan untuk mengenyam pendidikan.


6. Alasan Kenapa Kuliah di Singapure

Nah, sekarang, kita lihat keuntungan mengikuti pendidikan di Singapure. Dapat menggali langsung dari referensi induknya dengan bahasa asli penulisnya. Hal ini dapat membuka peluang untuk memperdalam orisinalitas ilmu dan ketajamannya.

a. Mengikuti pendidikan di Singapure bisa mendapatkan banyak buku referensi dan jurnal-jurnal terbaru yang belum tentu ada di Indonesia untuk mengembangkan ilmu kita.
b. Di Singapure banyak sekali diadakan seminar keilmuan, kajian dan diskusi yang gratis dengan fasilitas seabrek.
c. Peluang-peluang untuk berguru atau bertanya langsung pada ilmuwan dunia lebih terbuka. Di Indonesia cukup jarang ada tamu tingkat dunia.
d. Karena di Singapure memakai bahasa Inggris kita mempunyai peluang yang sangat besar untuk mengasah bahasa asing kita.
e. Kuliah di luar negeri khususnya di Singapure, kita bisa mempunyai banyak jaringan, bisa jadi teman sesama mahasiswa di Indonesia dan mungkin dapat bertemu banyak mahasiswa-mahasiswa dari Negara-negara Eropa dan Amerika.
f. Di Singapure, konsentrasi belajar sangat tinggi, kita akui bahwa Singapure adalah negara kecil, tetapi semangat untuk menuntut ilmunya sangat tinggi. Ini yang perlu diaplikasikan oleh kita.
g. Dari sisi finansial kuliah di Singapure yang tergolong Negara maju di dunia bisa dibilang lebih murah dibandingkan dengan kuliah di negara-negara maju lainnya.
h. Di Singapure jika kita sukses kuliah sambil kerja, maka gaji yang didapat sudah pasti mencukupi biaya hidup yang semestinya. Tingkat UMR di kota-kota besar di dunia kadang jauh di atas gaji karyawan perlente berdasi di gedung-gedung ibukota kita.

7. Biaya Kuliah

> Biaya Hidup Rata – Rata di Singapure :

Akomodasi : $485/bulan
Transportasi : $$36.80/bulan
Makanan : $133.08/ (Burger McD, fast food, rice)
Hiburan : $57.07/ (Bioskop, olahraga, travelling, dll)


> Biaya Kuliah Rata – Rata

Undergraduate / Sarjana : $9.000 – $14.000
Postgraduate / Pasca-sarjana : $10.000 – $12.000

Penghasilan kerja rata – rata mahasiswa luar negeri di Singapore : $3.96/jam

*dilansir dari konsultanpendidikan.com


8. Universitas Terbaik di Singapure

Singapure memiliki banyak Universitas bermutu. Beberapa Universitas bahkan masuk dalam daftar 100 Universitas terbaik dunia. Berikut adalah daftar 10 Universitas terbaik di Singapure :
- National University of Singapore (NUS)
- Nanyang Technological University (NTU)
- Singapore Management University
- Singapore Institute of Management (SIM)
- Singapore University of Technology and Design
- Melior International College
- Cornell-Nanyang Institute of Hospitality Management
- James Cook University
- Pioneer Junior College
- Jewellery Design And Management International School


9. PPI Singapure

PPI Singapure (singkatan dari Perhimpunan Pelajar Indonesia di Singapure) bisa dikatakan masih muda. PPI Singapure baru berdiri sejak tahun 2005, yang kemudian diresmikan pada tanggal 11 Maret 2006 dan didukung penuh oleh KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) di Singapure.

Tujuan PPI Singapure adalah untuk menjalin dan mempererat hubungan antar pelajar Indonesia di Singapure, dan mempersatukan para anggota untuk menggalang aspirasi serta kerjasama untuk berkontribusi melalui usaha-usaha yang bermanfaat bagi seluruh pelajar Indonesia di Singapure dan bagi bangsa dan negara Indonesia pada umumnya, sebagai perwujudan usaha pengembangan generasi muda yang handal dan dinamis.

Kantor PPI Singapure bergabung dengan kantor KBRI Singapure di : 
7 Chatsworth Road Singapore 249761 
Email  : contact@ppisingapura.org
Wesite : http://ppisingapura.org/


Video :



No comments:

Post a Comment